Selamat datang di SYIFA AL QULUB

Nasehat Rosul Bagi Istri yang Memiliki Suami Berpenghasilan Pas-Pasan

0 komentar

 Ada cerita menarik untuk direnungkan, tentang sahabat Rasulullah Saw. yang gemar meminta-minta, bernama Hakim bin Hizzam. Suatu hari dia mendatangi Rasulullah Saw. untuk meminta sesuatu dan beliau memberinya. Pada saat yang lain, dia datang dan meminta lagi, Rasulullah tetap memberinya. Lantas, beliau menasehatinya, "Hakim, harta memang seperti taman-taman hijau. Secara lahir sangat manis.

Namun, jika hati istighna (merasa cukup dengan tidak berharap dan meminta-minta), harta itu mendatangkan keberkahan bagimu. Akan tetapi, jika tamak dan rakus, ia tidak akan membawa berkah. Sebagaimana orang yang berpenyakit sapi lapar, setiap makan, dia tidak pernah kenyang." Setelah mendengar nasehat Rasulullah Saw. Hakim sadar dan berkata kepada Rasulullah Saw., "Sejak hari ini saya tidak akan menyusahkan orang lain lagi."

Nasehat Rosul Bagi Istri yang Memiliki Penghasilan Pas-Pasan
Bagi Muslimah yang tidak bekerja, sementara suami berpenghasilan pas-pasan bahkan kekurangan, memang menjadi dilema. Menyikapi kondisi tersebut, seorang istri selayaknya tidak berpangku tangan apalagi meminta-minta untuk menutupi kekurangannya. Dikatakan dalam hadis, "Seseorang diantara kalian akan selalu meminta-minta sehingga dia nanti bertemu dengan Allah, sedangkan mukanya tidak ada daging sama sekali" (HR Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Sebaliknya, Rasulullah Saw. memerintahkan agar tetap bertawakal, tetap berusaha semaksimal mungkin dan berdoa tanpa putus asa. Jika suami berpenghasilan pas-pasan, seorang istri boleh membantunya bekerja, dengan izin suami dan tidak meninggalkan tugas utamanya dalam keluarga.
Share this article :
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Petotu

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA SAYA BUTUHKAN
KOMENTAR ANDA AKAN SANGAT MEMBANTU SAYA
KOMENTAR ANDA MENJADI KEBANGGAAN SAYA
KOMENTAR ANDA LEBIH BERHARGA DARI BERLIAN

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. SYIFA AL-QULUB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger