Selamat datang di SYIFA AL QULUB

Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan Manusia

3komentar


Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan Manusia, Tidak sedikit orang yang sudah mengetahui bahkan sudah mengenal buah salak. Tidak terkecuali anda yang membaca artikel sederhana yang ada di hadapan anda. saya yakin anda samapai pada artikel ini karena mencari seputar buah salak dan manfaatnya. benar kan..? Jika anda tidak termasuk dari ulasan tadi saya akan mengulas seputar buah salak.

Salak merupakan tanaman tropis yang tumbuh subur dan berkembang seperti di daerah kita. Tanaman berduri ini sudah lama terkenal di Indonesia bahkan saking familiarnya dibeberapa daerah sangat terkenal dengan membawa sebutan asal nama salak bersasal seperti salak bali, salak pondoh, salak codet, salak suwaru, Salak Bangkalan dan lainya.

Buah salak selain rasanya manis campur asam dan sepat, ada juga yang bilang hampir mirip dengan buah nangka, bisa bermanfaat bagi tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan gizi yang bermanfaat bagi kebutuhan tubuh. Lantas apa saja kandungan yang terdapat dalam buah salak ? Nah dalam buah salak terdapat, kalori,protein, kalsium, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C dan tentu juga air. Selain itu terdapat juga tanin dan serat, serat pada buah salak terdapat pada kulit arinya.

Jadi apabila anda makan salak jangan sampai dibuang kulit arinya sebab apa, dalam kulit ari buah salak terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Beredar mitos bahwa makan salak bisa menyebabkan susah buang air besar, nah inilah yang salah, kesalahan disini disebabkan karena kurang ngertinya kita akan kandungan yang terdapat dalam buah salak. Cara makan buah salak yang benar adalah dengan memakan daging dan kulit ari buah bersamaan tanpa membuangnya.

Berikut adalah kandungan gizi pada buah salak per 100 gr :



No
Kandungan gizi
Proporsi
1
Kalori
77 kal
2
Protein
0,40 g
3
Karbohidrat
20,90 g
4
Kalsium
28,00 mg
5
Fosfor
18,00 mg
6
Zat besi
4,20 mg
7
Vitamin B
0,04 mg
8
Vitamin C
2,00 mg
9
Air
78,00 mg
10
Bagian yang dimakan
50%


Lalu apa saja manfaat buah salak bagi kesehatan ?
Nah jika anda ingin mengetahui apa saja manfaat buah salak berikut ulasannya :

Buah Salak Sebagai Obat Mata.
Buah salak ternyata mengandung betakaroten,yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata.Penelitian terakhir menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibanding buah mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan jambu biji dan 5 kali dari semangka merah.

Buah Salak Untuk Membantu Program Diet.
Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet. Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.


Buah Salak Dapat Sebagai Cemilan Sehat.

Salak sering dijadikan sebagai buah yang biasa dihidangkan di meja. Rasanya ada yang manis, asam, sepat, atau campuran ketiganya. Selain rasanya yang enak dan segar ketika dimakan, buah ini juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Buah Salak Sebagai Obat Diare/Mencret.
Ketika Anda terserang diare, jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan buatan pabrik. Tidak ada salahnya untuk mencoba obat yang alami terlebih dahulu. Dengan mengkonsumsi sebanyak kurang lebih 20 gram daging buah salak segar yang masih muda dapat mengurangi penyakit diare. Selain alami, buah ini juga mudah kita jumpai,misalnya di toko buah,pasar buah,atau langsung pada kebunnya.
Bolehkan Orang Hamil Mengkonsumsinya..?
Ibu hamil sangat membutuhkan asupan gizi seimbang untuk perkembangan dan pertumbuhan janin yang di kandungnya, sementara dalam buah salak telah memenuhi standart komposisi gizi dalam buah, jadi buah salak sangat baik bagi ibu hamil, asalkan seperti yang telah kami katakan tadi jangan buang kulit arinya.

Bagaimana dengan kita..?
Tentu buah salak bukan hanya dinikmati dari segi rasanya akan tetapi fungi khasiat serta manfaatnya sangat luar biasa bagi kesehatan kita, untuk itu yang masih enggan mengkonsumsi buah salak sedari serkarang akan membiasakan diri memakan buah salak secara teratur untuk menjalankan program diet dan kesehatan, baca juga Manfaat buah tomat dan Manfaat buah alpukat,semoga bermanfaat demikian manfaat buah salak.
Share this article :
Comments
3 Comments
Facebook Comments by Petotu

+ komentar + 3 komentar

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA SAYA BUTUHKAN
KOMENTAR ANDA AKAN SANGAT MEMBANTU SAYA
KOMENTAR ANDA MENJADI KEBANGGAAN SAYA
KOMENTAR ANDA LEBIH BERHARGA DARI BERLIAN

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. SYIFA AL-QULUB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger